Sukomade


http://www.candi.web.id/wp-content/uploads/2012/08/Pantai-sukamade-banyuwangi-.jpg
 Surganya Pantai Sukomade

Pantai Sukamade Terletak di 97 km kearah barat daya darikota Banyuwangi pantai ini terbilang cukup jauh dari pusat kota Banyuwangi, tidak semua kendaraan dapat menuju pantai tersebut. Untuk anda yang berjiwa tantangan dan berpetualang pantai sukamade sangat cocok untuk anda coba, akses jalan yang terbilang ekstrim akan memacu adrenalin para wisatawan yang akan menuju ke pantai tersebut. Akses menuju pantai Sukomade hanya bisa ditempuh dengan kendaraan jeep 4x4 atau kalau jumlah pengunjung cukup banyak bisa menggunakan truck, dalam perjalanan kita akan melewati gunung gamping dengan berbagai macam pepohonan dan melewati perkebunan Sungailembu dan perkebunan Sumberjambe milik PT Perkebunan Nusantara  XII dengan aneka tanaman perkebunan Karet, Kakao dan Tebu serta aneka tanaman kayu terutama kayu Sengon Albasia
Sebelum sampai di pantai yang dijuluki sarang penyu tersebut kita akan melewati 2 pantai yaitu pantai Rajegwesi dan pantai Teluk ijo (green bay banyuwangi). Sesampainya disana kita akan menemukan penangkaran penyu, para wisatawan dapat menyaksikan proses penyu bertelur sampai penyu tersebut kembali ke laut hingga ikut melepaskan anakan penyu yang sudah menetas.jika malam hari kita dapat menyakksikan indukan penyu yang sedang bertelur. 

Penyu merupakan binatang laut yang sudah ada sejak 150 juta tahun yang lalu, bahkan sebelum dinosaurus ada. Hewan ini masuk ke dalam kelas reptilian laut. Di dunia saat ini juga tinggal tujuh spesies kura-kura atau penyu yakni:
  • penyu belimbing (Dermochelys coriacea), 
  • penyu lekang (Lepidochelys olivacea), 
  • penyu sisik (Eretmochelys imbricate), 
  • penyu hijau (Chelonia mydas), 
  • penyu tempayan (Caretta caretta), 
  • penyu pipih (Narator depressus), 
  • penyu ridley (Lepidochelys kempii) yang endemik di Atiantik Meksiko. 

Dari tujuh spesies, 6 di antaranya ditemukan bertelur di kawasan Indonesia, yakni: penyu belimbing, penyu lekang, penyu sisik, penyu hijau, penyu tempayan, penyu pipih. Empat jenis di antara enam penyu tersebut pernah bertelur di Pantai Sukamade. Mereka adalah penyu belimbing, lekang, sisik dan hijau. Dan dari 4 jenis tersebut, yang naik (ke pantai) bertelur 2-3 ekor setiap hari adalah penyu hijau.


Pantai Sukamade tepatnya berada  berada dalam wilayah Dusun Sukamade, Desa Barongan, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Indonesia.  Selama ribuan tahun menjadi tempat bertelurnya kura-kura atau penyu-penyu raksasa dari kawasan Samudera Indonesia dan Pasifik. Pantai masih menjadi bagian dari Taman Nasional Meru Betiri.

Pantai Sukamade ini paling diminati oleh wisatawan mancanegara. Di pantai ini banyak dijumpai kelompok macaca dan lutung yang sudah terbiasa dengan pengunjung. Pengunjung dapat menikmati jalan kaki melintasi hamparan hutan hujan tropis dataran rendah dengan akses jalan setapak. Potensi yang dapat dinikmati sepanjang jalur ini antara lain kumpulan kelelawar besar, kijang, babi hutan, biawak dan berbagai jenis burung termasuk elang laut.

 Penyu Raksasa Sukomade

Pada malam hari , pantai Sukamade akan berubah menjadi surga. Satu per satu penyu akan muncul dari laut menuju ke pantai untuk bertelur. Pemandangan inilah yang ditunggu-tunggu wisatawan khususnya mancanegara. Karena langka maka perlakuan untuk mengamatinyapun harus ekstra hati-hati. Biasanya pengunjung tidak diperbolehkan menyalakan lampu dan berbuat gaduh selama berada di pantai. Proses penyu bertelur sendiri memakan waktu kurang lebih 3 jam dari naik ke pantai sampai kembali lagi ke laut.


Penyu bertelur



Pengunjung mengabadikan Penyu saat bertelur



Menghitung jumlah telur Penyu

Mengabadikan saat Penyu bertelur



Istilah Penyu dan Kura-kura
Kadang kita tidak bisa membedakan istilah penyu dengan kura-kura. Inilah perbedaannya, penyu hidup di laut sedangkan kura-kura hidup di air tawar. Saat ini banyak orang menjual anak kura-kura yang masih kecil dan banyak pula yang memeliharanya di rumah. Kalau penyu tidak bisa menjadi hewan peliharaan karena hidup di air laut ( air asin).


Anda berminat untuk mengunjungi Pantai Sukomade silahkan menghubungi Staf  Wisata Agro Sungailembu, anda akan dipandu mulai kedatangan, menginap maupun fasilitas kendaraan 4x4 yang digunakan untuk menuju ke Sukomade

silahkan hubungi 
 Sdri. Ummy Kulsum Nomor HP 082-333-020-055 (WA)
Sdr Nanang Sudarmaji Nomor HP 082-244-231-830 (WA)
  
atau nomor telepon kantor 0333-713018 / 082-147-586-311 /  085-236-870-067

E-Mail : sungailembu@ptpn12.com 

Sebagai Informasi Sinyal HP belum bagus apabila menghubungi nomor tersebut diatas tidak bisa silahkan mencoba nomor yang lain atau melalaui WA, Kerjsama dengan PT Mitratel anak perusahaan Telkomsel sedang terjalin dan sedang  dibangun BTS untuk memperbaiki sinyal (dalam proses)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar